W E L C O M E

Enjoy the contents and feel free to leave comments ;)

Halaman

Selasa, 21 Agustus 2012

Do You Know??


GAMELAN PACIFICA
“With an air of timelessness, Gamelan Pacifica has done an unparalleled job of taking gamelan music to new heights, while remaining respectful to the roots and cultural significance of its instruments.”              -SOMA Magazine

       Gamelan Pasifica merupakan salah satu bentuk ensambel yang mengkhususkan diri pada permainan musik gamelan. Kelompok ini pertama kali terbentuk pada tahun 1980 oleh orang-orang yang aktif dan kreatif. Mereka mampu mengolaborasi berbagai bentuk pertunjukkan musik tradisional dan kontemporer dalam kemasan yang sangat unik dan menarik. Semuanya itu terpadu dalam tampilan musik yang disertai tarian, teater, puisi, dan berbagai ekspresi seni lainnya.
       Kelompok yang dikepalai Jarrad Powell – komposer terkenal dan juga profesor dari Cornish College of the Arts ini, telah secara rutin tampil di Kanada dan negara-negara bagian di Amerika Serikat. Secara berkala, mereka sering sekali tampil di Universitas Washington, Seattle University, Town Hall, Cornish College of the Arts, The Seattle Art Museum, Evegreen State College, Centrum, Bumbershot Festival, Arts in Nature Festival, University of Oregon, Whidbey Institute, CenterStage dan berbagai festival seperti The Smithsonian Institute’s Festival of Indonesia, New Music Across America Festival, Vancouver New Music Society, On the Boards, Walker Art Center, Performing Arts Chicago, dan masih banyak lagi.
       Dalam penampilannya, Gamelan Pasifica tidak lupa mengikutsertakan artis-artis Indonesia seperti Sutrisno Hartana, Wayan Sinti, Didik Nini Thowok, Sri Joko Raharja, I Made Sidia, Endo Suanda, Dedek Wahyudi, Goenawan Mohamad, dan Tony Prabowo. Trance Gong, salah satu CD yang telah mereka buat, mampu mendapatkan pengakuan Internasional.
       Dalam upaya mendukung perkembangan musik karawitan, Gamelan Pasifica memang merupakan salah satu organisasi seni nonprofit yang telah mendapatkan kehormatan khusus. Mereka telah mendukung beragam program ataupun proyek yang berkaitan dengan musik dan tarian, terlebih lagi untuk program mengembangkan kolaborasi antarbudaya ataupun antardisiplin ilmu. Gamelan Pasifica telah menjadi penerima dana dari The National Endowment of the Arts dan The Rockfeller Foundation and Arts International.
       Beberapa musisi yang sekarang menjadi bagian dari Gamelan Pasifica adalah Kyla Bjornson, Michelle Doiron, Stephen Fandrich, Julija Gelazis, Ted Gill, Stephanie Helm, Jessika Kenney, Jill Lambson-Nirk, Deena Manis, Jeff Milano, Pete Moss, Stephen Parris, Jesse Snyder, Heidi Steetman, dan Andrienne Varner.
(disarikan dari : www.gamelanpasifica.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar