W E L C O M E

Enjoy the contents and feel free to leave comments ;)

Halaman

Minggu, 12 Agustus 2012

Pengenalan Ilmu Kimia


PENGENALAN ILMU KIMIA
Apa itu ilmu kimia?
Materi ada di sekeliling kita. Perhatikan setiap kegiatan yang kalian lakukan, umpama kalian pergi ke sekolah. Kalian di kelilingi oleh materi, udara yang kalian hirup adalah materi, yakni campuran dari gas oksigen, nitrogen, dan gas lainnya. Baju yang kalian pakai terbuat dari materi berupa serat alami ataupun sintetis (polimer), seperti poliester. Buku yang kalian perlukan terbuat dari selulosa. Mobil yang kalian gunakan merupakan gabungan dari berbagai materi seperti logam, kaca, dan polimer. Demikian pula energi yang digunakan untuk menggerakkan mobil tersebut berasal dari pembakaran materi, yakni bensin atau solar. Dan jangan lupa, tubuh kita pun tersusun dari materi!
Segala sesuatu tentang materi dan perubahan materi inilah yang dipelajari dalam ilmu kimia. Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang perubahan materi serta energi yang menyertainya.
Bahwa kimia ada di sekeliling kita dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita menjadi alasan betapa pentingnya mempelajari ilmu kimia; betapa ilmu kimia membuat materi di sekitar kita menjadi lebih berguna.
Materi yang tidakdapat diperbarui seperti minyak bumi dan aluminium, akan segera habis jika di ambil terus-menerus. Ilmu kimia berperan untuk mencari materi pengganti, seperti: penggunaan gasohol dan sel bahan bakar (fuel cell) sebagai pengganti minyak bumi, ataupun memanfaatkan kembali materi yang sudah digunakan seperti daur ulang aluminium. Untuk materi yang dapat diperbarui, diperlukan upaya yang melibatkan ilmu kimia untuk terus memperbaruinya. Contohnya, penggunaan pupuk pada tanaman untuk meningkatkan produksi pangan.
Pemanfaatan materi yang melibatkan ilmu kimia tidak lepas dari timbulnya dampak negatif terhadap manusia dan lingkungannya. Hal iini disebabkan kurangnya pemahaman tentang materi tersebut seperti penggunaan yang tidak tepat/berlebih. Sebagai contoh, pemakaian pupuk yang berlebih oleh petani telah merusak tanah pertanian. Demikian pula dengan kurangnya pemahaman tentang sifat freon dan pengaruhnya ke alam, yang berkontribusi terhadap rusaknya lapisan ozon.
Dampak negatif tersebut dapat ditekan dengan pemahaman ilmu kimia yang baik, juga dengan membuat materi atau produk yang lebih ramah lingkungan, dan memantau pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan (udara,tanah,air).
Dengan bekal ilmu kimia, kalian dapat turut berkontribusi mengolah sumber alam di Indonesia secara baik dan benar. Kita pun akan menjadi bangsa yang lebih mandiri dengan masa depan yang lebih menjanjikan.

2 komentar:

  1. terima kasih info nya sangat bermanfaat..!


    Visit : http://www.herbalonlinetop.com/2015/09/obat-tradisional-untuk-sakit-kencing-manis.html

    BalasHapus